Gagal ke Arab Saudi, Ratusan Jemaah Umroh Situbondo Disambut Haru Keluarga

Gagal ke Arab Saudi, Ratusan Jemaah Umroh Situbondo Disambut Haru Keluarga


Kedatangan 200 jemaah umroh asal Situbondo yang gagal bertolak ke tanah suci, disambut haru keluarga. Mereka tiba di halaman Ponpes Tahsinul Akhlak, Desa Kalibagor Kecamatan Situbondo, dengan menumpang 4 bus.

Para keluarga yang menunggu pun langsung berhamburan menghampiri. Di antaranya langsung merangkul sambil menghibur para jemaah yang gagal.

"Saya sampaikan sama bapak, bahwa ini pasti yang terbaik dari Allah. Dari pada terlanjur berangkat, tapi di sana (Arab Saudi) tidak bisa maksimal melaksanakan ibadah," kata seorang keluarga jemaah umroh Al Hadi, Anas Wijaya, Jumat (28/2/2020).

Keterangan yang diperolah kami menyebutkan, sebanyak 200 jemaah umroh Al Hadi Situbondo bertolak dari Desa Kalibagor pada Rabu (26/2) malam. Mereka tiba di Bandara Juanda Kamis Siang, dan menunggu jadwal penerbangan pada pukul 16.00 WIB.

Sekitar pukul 12.00 WIB terdapat pengumuman jika semua jadwal penerbangan ke Arab Saudi dihentikan sementara. Menyusul kebijakan Arab Saui terkait larangan umroh untuk mengantisipasi virus corona (covid). Karena itu, ratusan jemaah umor Al Hadi pun akhirnya dibawa pulang lagi dan tiba di Situbondo pukul 23.00 WIB.

"Namun, sebelum memutuskan untuk pulang kami berkoordinasi lebih dulu dengan pihak travel. Kami beharap, pemerintah Arab Saudi bisa cepat mencabut kebijakan itu. Sehingga jemaah umro Al Hadi ini bisa segera menunaikan ibadah Umroh," tnadas Koordinator Jemaah Umroh Al Hadi, Ahmad Dani.

Akibat gagalnya berangkat umroh, sebagian jemaah pun tak bisa menyembuyinkan rasa kecewanya. Apalagi, sebelum berangkat mereka sudah menggelar acara keselamatan. Karena itu, mereka berharap agar pemerintah Arab Saudi bisa segera membuka kembali visa umorh untuk para jemaah umroh asal Indonesia.

"Saat mendengar informasi tentang gagalnya berangkat, kami sudah ada di Bandara Juanda. Kecewa sih ada, tapi ini mungkin menjadi keputusan terbaik bagi kita semua. Pasti ada hikmahnya,' kata Suriwan salah seorang jemaah umroh.

Comments