Survei LSI: KPK Lembaga Paling Dipercaya Masyarakat

Survei LSI: KPK Lembaga Paling Dipercaya Masyarakat


Lembaga Survei Indonesia (LSI) menggelar survei persepsi publik terakit efek kinerja pemberantasan korupsi terhadap dukungan pada Jokowi. LSI mengatakan KPK merupakan lembaga yang paling dipercaya oleh masyarakat saat ini.

Survei dilakukan pada Mei 2019. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 1.220 responden yang berusia 17 tahun ke atas dengan metode multistage random sampling. Margin of error dalam survei ini adalah plus minus 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei juga dilakukan dengan mewawancarai responden terpilih. Quality control dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel dan tidak ditemukan kesalahan berarti.

Survei dilakukan dengan pernyataan: "Seberapa percayakah Ibu/Bapak dengan lembaga-lembaga di bawah ini?". Ada 6 lembaga yang masuk survei, yakni KPK, Presiden, Polri, Pengadilan, dan DPR.

Hasilnya, KPK menjadi lembaga yang paling dipercayai masyarakat sebanyak 84 persen. Sementara partai politik (parpol) jadi lembaga yang paling tidak dipercaya dengan 53 persen.

Burhanuddin pun mengingatkan pemerintah agar tidak main-main terhadap masa depan KPK. Jika ada skenario melemahkan KPK, akan berhadapan dengan sentimen negatif publik.

"Apa poinnya yang kita sampaikan, jadi jangan main-main terhadap masa depan KPK. Karena dibanding lembaga yang lain yang paling tinggi tingkat kepercayaan. Jadi, kalau misalnya ada skenario untuk mengamputasi atau melemahkan KPK, maka akan berhadapan dengan sentimen publik yang positif," kata Peneliti senior LSI Burhanuddin di Hotel Mercure Cikini, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (29/8/2019).

Ia menambahkan, tingkat kepercayaan publik terhadap partai politik dan DPR konsisten berada di bawah, meskipun ada kenaikan. Dia mengingatkan agar DPR dan parpol tidak bermain-main terhadap agenda pemberantasan korupsi.

"Jadi kalau kemudian DPR dan partai politik coba bermain-main dengan masa depan pemberantasan korupsi, publik yang pendukung utama KPK bisa ini itu," katanya.

Berikut ini hasil survei tersebut:

1. KPK 84%
2. Presiden 79%
3. Polri 79%
4. Pengadilan 72%
5. DPR 61%
6. Partai Politik 53%

Comments